profil info galeri hubungi  
 
 
Langkah-langkah melakukan grafting
17-July-2009, 07:35:07
Materi grafting ini adalah salah satu dari banyak materi lain yang kami berikan pada Pelatihan Budidaya Kaktus di Rumah Bunga Rizal. Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut dan ingin mencoba praktek langsung di lapangan, dapat menghubungi kami di rizalorchids@yahoo.com. Peserta pelatihan akan mendapatkan informasi lengkap seputar teknis budidaya, peluang pasar, dan juga tips serta trik untuk memulai wirausaha tanaman hias.

--oOOo--

Grafting atau Teknik Menempel adalah upaya menyambung dua tanaman menjadi satu. Tentu, hal ini dilakukan karena adanya manfaat-manfaat yang dapat diperoleh. Misalnya saja : memacu pertumbuhan tanaman.

Kaktus yang ditempel akan lebih cepat tumbuh bila dibandingkan dengan kaktus yang ditanam langsung di tanah. Perbandingannya, kaktus yang ditanam secara konvensional di tanah memerlukan waktu sekitar 4 tahun untuk dapat mencapai diameter 4-5 cm. Sementara bila menggunakan teknik tempel, waktu yang diperlukan hanya sekitar 3-4 bulan saja. Hal ini jelas menguntungkan karena dengan demikian kita dapat menghemat banyak hal : air, pupuk, waktu dan tenaga. Ini juga berarti kita bisa lebih cepat menjual tanaman tersebut :).

Ada beberapa istilah yang digunakan dalam tutorial ini, dan untuk itu akan kami uraikan terlebih dahulu agar lebih mudah dipahami.

Stam atau Stock adalah istilah yang diberikan kepada kaktus yang berada di bagian bawah. Fungsinya adalah untuk menyerap air dan unsur hara dengan menggunakan akarnya, kemudian menyalurkan zat-zat tersebut ke kaktus di atasnya. Semua jenis kaktus dapat digunakan sebagai Stam namun biasanya kami menggunakan kaktus jenis Hylocereus undatus. Kaktus ini umum ada di pasaran, dan dapat diperoleh di nursery-nursery terdekat.

Scion adalah istilah untuk kaktus yang berada di bagian atas. Kaktus apapun dapat digunakan sebagai Scion, tergantung selera anda.


Langkah-langkah melakukan grafting adalah sebagai berikut:

1. menyiapkan peralatan


peralatan yang digunakan antara lain : alkohol 70% untuk mensterilkan pisau, karet gelang, pinset untuk memegang Scion, kuas untuk membersihkan Stam dari debu dan kotoran lain, serta pisau untuk memotong Scion dan Stam.

2. mensterilkan pisau


Proses grafting kita mulai dengan mesterilkan pisau dengan alkohol 70%. tujuannya tentu saja untuk membunuh kuman-kuman penyebab busuk

3. membersihkan stam


Dengan menggunakan kuas, bersihkan Stam dari debu dan kotoran lain.

4. memotong stam secara melintang


setelah itu, potong Stam secara melintang dengan menggunakan pisau yang telah disterilkan. Kita dapat menggunakan sebilah papan triplek sebagai alat bantu untuk mendapatkan hasil potongan yang lebih rapi dan seragam

5. memotong pinggiran stam secara diagonal


Kemudian, potong diagonal pinggiran Stam.

6. memotong kaktus secara melintang


Setelah itu, potong Scion yang akan ditempel pada Stam. juga secara melintang.

7. menempelkan Scion pada Stam dan memasang karet


Scion yang telah dipotong melintang kemudian ditempelkan pada Stam. yang patut diperhatikan dalam tahap ini adalah : pastikan titik tumbuh yang terdapat pada Scion bertemu dengan titik tumbuh pada Stam. dengan demikian makanan dan zat zat lain dapat disalurkan dari Stam kepada Scion.

Kemudian pasang tali karet. Tujuannya adalah agar Scion dapat menempel erat pada Stam dan proses distribusi makanan dapat berlangsung. bila terdapat rongga antara keduanya maka Scion akan mati karena tidak memperoleh suplai makanan dan air.

8. menempatkan kaktus pada krat


Langkah terakhir adalah menempatkan kaktus yang telah diberi karet ke dalam krat. Kemudian tempatkan kaktus pada tempat yang gelap agar pertumbuhannya terpacu. Setelah kurang lebih 2 minggu, karet gelang dapat dilepas, dan kaktus dapat ditempatkan pada tempat yang terkena cahaya matahari.

Bagi para pemula, ketika melakukan proses grafting ini mungkin akan mengalami sedikit kesukaran-kesukaran pada awalnya. Namun dengan bertambahnya pengalaman dan jam terbang, teknik ini dapat dilakukan dengan relatif mudah dan dalam waktu yang relatif cepat.

Akhir kata, demikian kira-kira teknik grafting yang biasa kami lakukan di kebun. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat.



Hal 1
mencari-sesuatu


berita
Souvenir Tanaman Rumah Bunga Rizal
Selamat Tahun Baru
Rak Tanaman a-la Rumah Bunga Rizal
Link Produk Lain telah selesai
Link Kaktus Telah Selesai
Link Anggrek telah selesai
Kantin Rumah Bunga Rizal
Hidup Kembali

tutorial
kaktus
       
 
RUMAH BUNGA RIZAL
Jl. Raya Maribaya km. 2,4 Lembang
Bandung 40391
Telp./Fax. : (022) 2786321
e-mail : rizalorchids@yahoo.com
klik di sini untuk melihat peta menuju kebun kami